Tarate - Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum ( STAIM ) Tarate telah membuka  program studi (prodi) baru setelah mendapat persetujuan dari pemerintah melalui Surat Keputusan Diktis Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor : 5374 tahun 2016.



Dengan demikian, tahun ini STAIM menambah 2 program studi (prodi) baru kedua Prodi yang baru tersebut adalah Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Prodi Ekonomi Syari’ah. Kedua Prodi ini menyusul satu Prodi yang sudah di buka sejak tahun 2008 yaitu Prodi Ahwal Al-Syakhsiyyah.

Kedua Prodi tersebut telah dibuka penerimaan mahasiswa baru tahun ini, dan sampai sekarang masih menerima mahasiswa baru, dan penutupan akhir pendaftaran yaitu pada tanggal 30 oktober 2016,” kata Bapak Mohammad Sholeh selaku Ketua panitia penerimaan mahasiswa baru STAIM,” 
Menurut Bapak Sholeh juga bahwa saat ini, STAIM sudah memiliki  3 Prodi  yaitu Prodi PGMI, Prodi Ekonomi Syari’ah dan Prodi Ahwal Al-Syakhsiyah.

Sebagaimana disampaikan oleh Ketua STAIM Bapak K. Ubaidillah Cholil, M.Pd.I, M.HI mengatakan “ Sangat optimis bertambahnya Prodi baru ini dapat meningkatkan animo masyarakat pada penerimaan mahasiswa baru pada tahun mendatang.

Menurut beliau “Kuliah di STAIM biayanya sangat terjangkau dengan kualitas sama dengan perguruan tinggi lain yang ada di Madura pada khususnya. Ditandai dengan yang telah disusunnya kurikulum yang akan dipergunakan dan ketersediaan dosen yang kualifikasinya sesuai dengan Prodi yang diusulkan.” Ujarnya dengan optimis. ( Jun )